Jadi Narasumber Di UIN SU, Dedi Iskandar : Mahasiswa Islam Memiliki Tanggung Jawab Menjadi Faktor Penting Keindonesiaan

 

Dedi Iskandar, SE Anggota DPRD Sumatera Utara dari F- PKS Menjadi salah seorang Narasumber

Jurnalis24.com || Deliserdang, UINSU Melalui Wakil Rektor III mengadakan kegiatan Seminar Nasional "Penguatan Moderasi Beragama Dan Wawasan Kebangsaan Guna Mewujudkan Visi Indonesia Maju" pada Rabu 21 Desember 2022 di Aula Gedung H.A Nazri Adlani Kampus Uinsu Jl. Kenangan Baru Percut Seituan Deliserdang. 


Acara dimulai dengan pertunjukan Tari Minang oleh Mahasiswi-mahasiswi UIN SU dan dilanjutkan dengan lagu Kebangsaan Indonesia raya. 


Dedi Iskandar, SE Anggota DPRD Sumatera Utara dari F- PKS Menjadi salah seorang Narasumber pada kegiatan seminar Nasional tersebut. Dalam paparannya Dedi Iskandar menyampaikan bahwa Penguatan Moderasi Beragama Dan Wawasan Kebangsaan Guna Mewujudkan Visi Indonesia Maju ini adalah hal yang harus diaktualisasikan, dirawat dan terus dikuatkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Dedi Iskandar yang juga ketua Puja Kesuma Kabupaten Labuhanbatu Utara ini juga menyampaikan bahwa Mahasiswa Islam punya Tanggung Jawab menjadi role model Islam Moderat di Indonesia. 


Tema moderasi Beragama dan kebangsaan ini sangat tepat diangkat agar kita semua umat Islam memiliki rasa tanggung jawab bahwa Ummat Islam khususnya Mahasiswa menjadi faktor penting keindonesiaan. Maju mundurnya bangsa Indonesia, keberhasilan dan keterpurukan Indonesia, pasti ada andil dan kontribusi umat Islam,” ungkapnya.


Ditempat yang sama juga Narasumber Lainya KH. Muhammad Nuh, MSP Menjelaskan juga terkait moderasi beragama dengan literasinya.


"Sebagai warga negara yang penuh dengan keberagaman, kita telah berdamai dengan perbedaan dan menjunjung kesatuan dalam nama Indonesia. Ini adalah bukti bahwa kita berhasil menanamkan sikap moderat dalam kehidupan sehari-hari" Terang Muhammad Nuh yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPD RI yang juga Tokoh Sumatera ini.



Peserta diikuti oleh Mahasiswa/i Uinsu yang berjumlah lebih dari 500 orang, sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti seminar tersebut. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan Mahasiswa. 


Panitia juga membuka sesi tanya jawab, Sangat menarik pertanyaan- pertanyaan yang dilontarkan oleh para Mahasiswa Uinsu yang ditujukan kepada Narasumber sehingga diskusi tentang Bagaimana makna moderat guna mewujudkan Indonesia yang maju dalam pandangan Islam berlangsung menarik.


Hadir juga pada kegiatan seminar tersebut: 

Anggota DPD RI H.Muhammad Nuh. MSP

Plt. Rektor Uinsu Prof. Dr.Abur Rokhmad. M.Ag. , Guru Besar UINSU Prof. Dr Faisar Ananda Arfa yang juga sebagai narasumber. Wakil Rektor III Dr. Nisful Khoiri M.Ag, yang Mewakili Gubsu H.Afifi Lubis, SH.MM, Joko Imawan, S.Pd.I.,MM (Sekjend Persatuan Wartawan RI Sumut) dan tamu undangan lainnya.


Terakhir acara ditutup dengan photo bersama, Narasumber dan peserta serta Mahasiswa/i lainnya. (Red

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama