Rektor USU Muryanto Amin Tak Hadir dalam Debat, KAM Se-USU Buat Pocong Simbol Matinya Demokrasi Mahasiswa

Rektor USU Muryanto Amin Tak Hadir dalam Debat, KAM Se-USU Buat Pocong Simbol Matinya Demokrasi Mahasiswa

Jurnalis24.com || Sumut - Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) Se - USU menantang debat Rektor USU karena dinilai sudah mencederai demokrasi mahasiswa. Kegiatan dilakukan di Halaman Biro Rektor USU dimulai pukul 14.30 WIB (4/4).

KAM yang terdiri dari Bhinneka, Rabbani, Perubahan, dan Erat menilai Rektor USU tidak becus dalam memimpin USU dan sesuatu yang lebih daripada itu.

Kegiatan diawali dengan orasi ilmiah dan dilanjutkan dengan pelaksanaan debat  yang dibuka oleh moderator. Namun debat tidak jadi dilakukan karena Rektor USU tidak berhadir.

Acara debat diakhiri dengan menghadirkan pocong sebagai simbol matinya gerakan mahasiswa di USU. Kemudian masing-masing pimpinan KAM dimintai keterangan.

Presiden DPP KAM Rabbani USU Muhammad Amin Siregar menyayangkan keterlibatan Rektor USU terlalu jauh mencampuri internal Pemerintahan Mahasiswa dan merugikan bagi peserta Pemira USU 2022.

"Kalau ada konflik pemira, harusnya dimediasi bukan menunjuk Presma seenaknya saja. Hal ini justru merugikan dalam moril maupun materil bagi peserta Pemira USU" kata Amin.

Mewakili KAM Bhinneka USU, Joel Mahendra Tampubolon mengatakan Ketidakhadiran Rektor USU telah menunjukkan sikap Rektor USU yang tidak aspiratif dan tidak bertanggung jawab. 


"Kami menyayangkan ketidakhadiran Rektor USU pada Debat Terbuka ini. Tujuan kami hadir untuk sama-sama mebicarakan Solusi melalui perdebatan pemikiran yang melahirkan Ide atau gagasan. Ide yang nantinya dirumuskan kemudian bisa menjadi dasar pengambilan keputusan bagi kami melalui Mekanisme yang berlaku di Ormawa USU dan bagi Rektor dalam peraturan Rektor. Namun kami menyayangkan, yang hadir bukan rektor sendiri. Ini menunjukkan Rektor tidak Aspiratif dan tidak bertanggung jawab." ujar Joel.

Ketua KAM Erat FH USU, Samuel Manurung menganggap Rektor USU arogan dengan menunjuk Presma USU tanpa proses Pemira.

"Mungkin anomali-anomali terkait Demokrasi kampus yang terpampang nyata kepada mahasiswa belakangan ini semakin membakar api semangat perbaikan kita demi menuju universitas sumatera Utara yang lebih demokratis."katanya.

Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa USU Renaldo Diaz Simbolon meminta Rektor USU untuk mengembalikan otoritas ormawa kepada mahasiswa agar mahasiswa dapat menggalang dan menyampaikan asprirasi secara autentik.

"Mahasiswa punya pikiran sendiri untuk menyampaikan aspirasinya secara autentik" kata Diaz.

Ketua DPP KAM Perubahan USU Khalvin Tarigan menganggap perbuatan Rektor USU sudah kelewatan bahkan bisa menyebabkan matinya gerakan mahasiswa di USU.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama