Bidang Ukhuwah Islamiyah MUI Provinsi Sumatera Laksanakan Pembinaan Bagi Pelajar MAN 2 Model Medan



Jurnalis24.com,Medan- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara melalui Bidang/Komisi Ukhuwah Islamiyah melaksanakan pembinaan  bagi pelajar Madrasah Aliyah  Negeri 2 ,  Kamis 22 Agustus 2024.

Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Sumatera Dr. H. Ardyansyah, Lc, MA dalam arahan sekaligus membuka kegiatan ini diawali dengan mengutip ayat Al qur'an .

Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara. Karena itu damaikanlah kedua saudara kalian dan bertakwalah kepada Allah  supaya kalian mendapat rahmat. 


Pengertian Ukhuwah Islamiyyah ada tiga. 

1. Ukhuwah Islamiyah sesama orang-orang beriman, sesama orang Islam. 

2. Ukhuwah Wathoniyah adalah persaudaraan sebangsa dan setanah air. 

3. Ukhuwah Insaniyah yaitu persaudaraan sesama umat manusia. 

Keberagaman (pluralitas) dalam sebuah negara besar seperti Indonesia adalah suatu keniscayaan yang harus kita pahami. 

Dr. Ardiansyah dihadapan para Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 menyampaikan bahwa Madrasah ini tidak ada bedanya dengan sekolah lainnya, tidak ada yang tidak bisa diraih asal anak-anak ustadz bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. 


Kita baru saja merayakan HUT RI ke -79, kalau kita kilas balik bahwa Negeri ini di merdekakan oleh para Suhada, tokoh-tokoh Islam sangat mewarnai dalam merebut kemerdekaan, sebut saja H.O.S  Cokroaminoto beliaulah mentor dari Bung Karno, Bung Hatta dan lainnya. 

Di akhir sambutan nya Ardiansyah menyampaikan pesan, jaga persatuan dan persaudaraan diantara sesama, anak-anak yang saat ini menuntut ilmu di Madrasah Aliyah Negeri  adalah generasi penerus kelak Kalianlah yang memegang tongkat estafet membangun Negeri ini, " ujar Ardiansyah. 

Sebelumnya Ketua Komisi Ukhuwah Islamiyah, Dr. H. Muhammad YafiZ, MA menyampaikan laporan  kegiatan ini  sudah yang kedua dilaksanakan pertama dilaksanakan di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 (MAPN4) pada tanggal 15 Agustus 2024.


Pemuda dan pelajar Islam adalah kelompok generasi muda yang berada dalam tahap progresif dan dinamis, fase ini sebagai usia produktif untuk melakukan berbagai kegiatan, pemuda pelajar adalah generasi penerus bangsa. 

M Yafiz melaporkan kegiatan ini  diikuti 100 orang siswa Madrasah Aliyah  Negeri  Medan mengangkat tema" Melalui Pembinaan Ukhuwah Islamiyah bagi Pemuda dan Pelajar Islam di Sumatera Utara Kita Wujudkan Masa Depan Indonesia yang Maju dan Damai. 

Kepala sekolah MAN 2 Model Medan Wuri Tamtama Abdi, S.PdI, M. Pd atas nama Keluarga Besar MAN 2 Model Medan mengucapkan terima kasih kepada Komisi Ukhuwah Islamiyah  yang telah melakukan sosialisasi. 

Kami mengapresiasi terobosan yang dilaksanakan Komisi ukhuwah," kata Wuri Tamtama. Sosialisasi  di MAN Medan diisi oleh dua narasumber:

Narasumber pertama oleh Dr. Winda Kustiawan MA menyampaikan materi:

Peran Pelajar Islam sebagai Kader Penggerak  Ukhuwah Islamiyah dalam mewujudkan kerukunan  di Sumatera Utara. 

Narasumber kedua, Drs. KH. Sariman Al Farouq materi yang disampaikan " Tantangan Masa Depan Pelajar Dalam Membangun Ukhuwah Islamiyah di Sumatera Utara.

Dr. Winda menyampaikan dihadapan siswa/siswi MAN 2 Model Medan tentang hikmah persaudaraan. 

1. Menumbuhkan sikap saling mengerti dan memahami antar sesama

2. Terciptanya hubungan harmonis dengan sesama makhluk Allah. 

3. Menjalin persaudaraan merupakan salah satu bentuk keimanan, dengan memiliki rasa persaudaraan hakikatnya semakin meningkatkan keimanan seseorang. 

Ukhuwah Islamiyyah adalah salah satu dari tiga unsur kekuatan yang menjadi karakteristik masyarakat islam. 

Narasumber kedua, disampaikan Drs. KH. Sariman Al Farouq adalah " Tantangan Masa Depan Pelajar dalam Membangun Ukhuwah Islamiyah di Sumatera Utara. 

KH. Sariman membangkitkan semangat   " Siapa Kita Pelajar Penggerak Ukhuwah Islamiyah Hebat. 

Dengan semangat menguraikan arti HEBAT. 

Jadilah Jujur (honest) 

Excellent (cerdas) 

Brave (berani) 

Active (aktif) dan takwa itulah motto kita untuk siswa-siswi MAN 2 Model Medan,"pungkas KH Sariman di akhir ceramahnya. 

Penyerahan sertifikat kepada   siswa-siswi dan narasumber oleh Sekretaris Drs. H. T. Darmansyah  sekaligus  serta foto bersama.

(Ag/Ah)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama